Software Tools Audit ACL (Audit Commed Language)

ACL (Audit Command Language) merupakan sebuah software CAAT (Computer Assisted Audit Techniques) yang sudah sangat populer untuk melakukan analisa terhadap data dari berbagai macam sumber. ACL for Windows (sering disebut ACL) adalah sebuah software TABK (TEKNIK AUDIT BERBASIS KOMPUTER) untuk membantu auditor dalam melakukan pemeriksaan di lingkungan sistem informasi berbasis komputer atau Pemrosesan Data Elektronik.


Kasus
PT Melcheem yang sedang diaudit oleh kantor akuntan BX memberikan data sebagai berikut: Jumlah saldo A/R pada laporan keuangan adalah sebagai Rp 4.874.974,20 sedangkan temuan auditor setelah dilakukan pengujian terhadap file A/R perusahaan ternyata jumlahnya Rp 4.323.407,09.Setelah dilanjutkan audit terhadap A/R ini ditemukan perbedaan tersebut sebagai berikut:

Jawaban Studi Kasus 
Temuan:
Laporan Saldo A/R Rp 4.874.974,20 seperti yang tertera di laporan A/R berbeda dengan hasil audit. Hasil audit menemukan bahwa angka tersebut adalah Rp 3.323.407,09. Ada perbedaann yang signifikan sebesar Rp 551.572.60, hal ini didukung oleh data 16 pelanggan(record) dimana perbedaan tersebut terjadi.

Analisis
Keakuratan aplikasi penjualan(A/R) yang digunakan oleh PT Melcheem sangat diragukan. Pertama jumlah piutang tidak sesuai dengan jumlah yang seharusnya. kedua pada penjumlahan kesamping terdapat 16 record yang jumlahnya tidak sesuai dengan rumus/formula yang seharusnya.

Resiko
Jika masalah keakuratan aplikasi ini tidak segera diperbaiki maka akan selalu terjadi perbedaan jumlah seperti yang telah dijelaskan diatas. Perusahaan akan selalu menghasilkan informasi yang tidak akurat. Hal ini akan berdampak kepada kredibilitas perusahaan dalam mengelola piutang.

Rekomendasi
Masalah keakuratan informasi yang dihasilkan oleh program aplikasi A/R di perusahaan Melcheem perlu mendapatkan perhatian serius dari Manajemen. Pertama, penggunaan formula dalam aplikasi yang digunakan perlu di perbaiki dan di ujicobakan sebelum digunakan kembali. Jika memang tidak bisa diperbaiki maka direkomendasikan untuk mengganti program aplikasi tersebut dengan yang baru dengan terlebih dahulu di audit keakuratannya oleh tim audit. 

Sumber : 
http://tabk-akuntansi.blogspot.co.id/2009/06/kasus.html
http://lannez-kompak.blogspot.co.id/2008/12/audit-sistem-informasi-dengan.html

Komentar